0 comments

Fokus Transfer Bagi Arsenal (Bagian 1)

09.30
Goonersia

Setelah menandatangi kontrak baru, Wenger langsung menjanjikan pemain baru ke Arsenal FC. "Kami tahu bahwa kami harus bisa meraih kesuksesan pada bulan Juni dan Juli nanti. Itulah momen di mana anda memperkuat tim. Penting bagi kami agar kami siap dalam dua bulan ke depan hingga akhir Agustus, bahwa kami bisa memberikan tambahan kualitas pada tim ini dan menjalani musim depan dengan modal kepercayaan yang kami dapatkan dari kemenangan di final Piala FA".

Dengan melihat kondisi tim saat ini, maka kita dapat membuat analisa kira-kira di sektor manakah Arsenal butuh pemain baru, sehingga untuk selanjutnya kita bisa berspekulasi soal siapakah pemain yang pantas mengisi posisi tersebut serta menjadi lebih bijak dalam menanggapi isu transfer yang sedang berkembang.

1. Penjaga Gawang
Di sektor ini Arsenal telah kehilangan 2 kiper dalam 2 musim terakhir, Manonne ke Sunderland dan Fabianski ke Swansea. Kiper pinjaman, Emiliano Viviano pun telah berakhir masa pinjamnya sementara kiper dari tim muda, Martinez tengah didekati Burnley. Hal ini membuat kesimpulan bahwa akan ada 1 orang kiper bakal didatangkan pada bursa transfer kali ini. Belajar dari pengalaman, ada baiknya jika Arsenal menyiapkan 1 kiper yang lebih tua dan 1 kiper yang lebih muda dari kiper utama (Szczesny) untuk antisipasi kejadian 2 musim terakhir terulang dimasa depan.

Goonersia

2. Pemain Bertahan
Arsenal sejatinya kekurangan stok bek tengah karena hanya memiliki 3 pemain diposisi tersebut. Mereka adalah Vermaelen, Mertesacker dan Koscielny. Melihat kontrak Vermaelen yang tersisa 1 tahun, kemungkinan besar Arsenal akan berupaya memperbaharui kontrak sang kapten sebelum merekrut 1 bek baru. Di sektor bek sayap, saga Sagna membuat Wenger gundah. Sudah berkali-kali ia menolak tawaran baru dari klub, padahal statusnya akan jadi bebas agen pada Juni. Ada baiknya jika klub menyiapkan langkah antisipasi sejak dini jika akhirnya Sagna hengkang.

3. Gelandang
Sektor gelandang adalah yang paling dalam di skuad Arsenal, terkecuali gelandang bertahan. Arteta dan Flamini telah menua dan permainan mereka belumlah benar-benar memuaskan. Wilshere dan Diaby pernah dicoba tapi tak memuaskan. Mengingat Arteta sejatinya adalah gelandang tengah, tentu akan lebih baik Wenger mencari gelandang bertahan baru yang lebih muda. Di sektor gelandang serang Arsenal punya banyak opsi, mulai dari Cazorla, Wilshere, Ozil, Ramsey, Rosicky, Diaby hingga Chamberlain sehingga kecil kemungkinan adanya transfer bagi pemain di posisi tersebut. 

4. Penyerang
Bendtner dan Park Chu Young sudah bisa dipastikan hengkang. Giroud semakin membaik, namun Sanogo belum terbukti bisa jadi back up sepadan. Musim 2013-2014 Arsenal termasuk tim papan atas yang sedikit dalam urusan membobol gawang lawan. Tim butuh seorang penyerang baru dengan karakter berbeda. Podolski atau Walcott adalah opsi lain dari tim yang ada saat ini, tapi keduanya sudah terbukti lebih bagus jika dimainkan sedikit ke dalam. Hanya saja kemungkinan datangnya seorang penyerang baru akan menjadi kecil jika Giroud berhasil menambah durasi kontraknya.

Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan Arsenal perlu mendatangkan setidaknya 7 pemain baru: 2 penjaga gawang, 2 pemain bertahan, 2 gelandang dan 1 penyerang. Mengingat sejarah transfer klub, rasanya sulit melihat Arsenal melakukan transfer sebanyak itu. Kemungkinan terbesar adalah Arsenal akan mendatangkan 4 pemain saja (termasuk pemain promosi atau pinjaman).

0 comments:

Posting Komentar

::Berkomentarlah dengan sopan::

 
Click to Open
Top