3 comments

Sejarah AIS: Arsenal Indonesia Supporter

05.34
Goonersia
Arsenal Indonesia Supporter merupakan salah satu fanbase klub sepakbola Eropa, Arsenal dan satu-satunya yang diakui di Indonesia. Berdirinya Arsenal Indonesia Supporter yang disingkat AIS, tidak bisa dilepaskan dari peran 3 'founding fathers'-nya Erwin, Gege dan Ijoel.

Ketiganya adalah sahabat yang menginginkan adanya eksistensi nyata dari penggemar atau pendukung Arsenal Football Club di Indonesia. Berawal dari aktivitas di dunia maya lewat mailing list, perlahan tapi pasti tingkat aktivitas para penggemar pun meningkat dan terus berkembang.

Aktivitas fans di dunia maya mulai bergerak ke dunia nyata. Diadakannya pertemuan (kopdar) antar anggota milis, serta makin berkembangnya anggota dan jumlah fans Arsenal yang ternyata tak sedikit, membuat mereka merasa perlu adanya wadah bagi para Gooners di Indonesia. 

Akhirnya, pada tanggal 24 April 2003 Arsenal Indonesia Supporter pun diresmikan. Untuk memantapkan eksistensi AIS di Indonesia, anggota mengadakan berbagai kegiatan seperti nonton bareng dan mempromosikan profil Arsenal Indonesia Supporters ke berbagai media.

Pada tahun 2005, Arsenal pun secara resmi mengakui AIS sebagai fanbase Arsenal di Indonesia. Apresiasi pun ditunjukkan dengan dipasangnya link Arsenal Indonesian Supporters di situs resmi klub.

Dengan banyaknya Gooner di daerah lain yang ingin bergabung sebagai anggota, AIS terus merentangkan sayapnya. Hal ini ditunjukkan dengan lahirnya regional-regional baru AIS hampir setiap tahun untuk mewadahi Gooners yang berada di berbagai daerah lainnya di Indonesia.

Setiap tahun Arsenal Indonesia Supporter juga mengadakan Gathering Nasional sebagai bentuk silahturahmi anggota AIS di seluruh Indonesia. Tahun 2013, bertepatan dengan kedatangan Arsenal FC ke Indonesia, AIS juga mengadakan Gathering Internasional pertamanya.

Saat ini AIS telah memiliki 50 region (belum termasuk sub region) yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dengan 1500 lebih anggota aktif.

3 comments:

  1. mantap gan keren dch buat supporter arsenal id.. matep,, nitip link ya gan siapa tau ada yang mau cari baju bolanya kesini aja online shop baju bola murah

    BalasHapus
  2. Yang lg mencari baju bola yuk mampir kesini di www.enkosa.com toko online jersey terpercaya lokasi di Jakarta pasar tanah Abang pin BB 2AF86472 atau wa 08571576759

    BalasHapus
  3. Jangan Lewatkan berita Bola Viral dan Terbaru di Situs Bolanewsports !

    Baca Berita Bola Terkini :
    Liga 1 Indonesia
    Berita Liga Inggris
    Berita Liga Jerman
    Berita Bola Prancis
    Berita Bola Spanyol
    Berita Bola Liga Champions
    Berita Bola Liga Indonesia
    Prediksi Bola

    Klik Salah Satu Liga di atas yang ingin kamu ketahui...

    BalasHapus

::Berkomentarlah dengan sopan::

 
Click to Open
Top