0 comments

Peluang Juara Yang Telah Menguap

01.41
andricomp

Hasil imbang kontra Manchester City mengesahkan jika Maret musim ini adalah bulan paling kelabu bagi Arsenal. Bagaimana tidak? Dari 5 laga di Premier League, Arsenal hanya menang 1 kali. Arsenal hanya mendapatkan 5 poin dari maksimal 15. Total the Gunners kehilangan 10 poin. Jumlah yang sama banyaknya saat tim masih memimpin klasemen atas Chelsea di peringkat 2 (pekan ke 21) Liga Premier.

Hasil imbang kontra Manchester City juga memastikan bahwa raihan poin Arsenal diparuh kedua musim ini lebih sedikit dari separuh awal. Diparuh awal, Arsenal sanggup meraih 42 poin dari 19 laga. Hanya ada 18 poin tersisa untuk diraih dengan poin maksimal 40. Sapu bersih, Arsenal hanya meraih 82 poin (saat ini pekan 32 jumlah poin:64). 82 poin untuk juara rasanya nyaris mustahil.

Kehilangan Poin Terlalu Banyak
Arsenal boleh saja memaksimalkan poin yang tersisa sambil berharap 3 pesaing lain: City, Chelsea, Liverpool terus meraih hasil buruk. Tapi berharap ketiganya kehilangan poin secara bersamaan? Kesalahan utama Arsenal (dari sudut pandang peta persaingan) adalah menurunnya kemampuan Arsenal meraih poin. Dari Februari - Maret tercatat Arsenal sudah kehilangan 15 poin dari 24 poin maksimal!

Imbasnya, posisi Arsenal di papan klasemen melorot drastis, berbalik dari yang meninggalkan jadi yang tertinggal. Ironisnya, Arsenal ditinggalkan oleh 3 pesaing juara sekaligus. Mungkin akan berbeda ceritanya jika poin tim 4 besar berpola rapat, tidak meninggalkan Arsenal sendirian. Dengan kata lain, Arsenal bisa dikatakan sudah hampir pasti terlempar dari pergulatan di tangga juara.

Filosofi Baru Yang Terabaikan
Filosofi baru Wenger musim ini "jika tidak bisa menang, jangan sampai kalah" seolah hilang begitu saja. Padahal hasil imbang tidak selalu berkonotasi buruk dalam grafik kompetisi jangka panjang. Arsenal butuh filosofi itu. Permainan tenang dan kebiasaan mempertahankan keunggulan atau bahkan hasil imbang seperti di awal-awal musim perlu dikembalikan. Swansea sudah memberi teguran.

Waktunya Melihat ke Bawah
Sekarang lebih baik Arsenal mulai melihat ke bawah mereka. Everton dan Spurs masih punya peluang untuk menjangkau zona Liga Champions. Arsenal harus bisa memaksimalkan poin tersisa untuk menyegel 4 besar, atau sekedar lolos otomatis ke UEFA Champions League, itulah target paling realistis bagi Arsenal di Premier League musim ini.

0 comments:

Posting Komentar

::Berkomentarlah dengan sopan::

 
Click to Open
Top