2 comments

Arti dan Sejarah Singkat Julukan The "Gooners"

22.47
Gooners

Setiap kelompok supporter sepakbola punya nama julukan atau sebutan untuk masing-masing mereka, tak terkecuali supporter Arsenal FC. Fans atau supporter Arsenal biasa dipanggil dengan kata "gooners". Apa sebenarnya arti dari kata tersebut dan bagaimana sejarahnya?

Julukan 'gooners' bagi para fans atau supporter Arsenal tidak muncul begitu saja atau memang sudah ada sejak klub ini lahir tahun 1886 silam. Sejarah mencatat, panggilan 'gooners' bagi para supporter Arsenal justru baru ada hampir 100 tahun kemudian, tepatnya didekade 70an.

Adalah kerabat dekat nan tak bersahabat Arsenal yang memberikan julukan ini, siapalagi kalau bukan supporter Tottenham Hotspurs?

Menurut kamus bahasa Inggris, kata 'goon' berarti orang bodoh, dan juga bisa bermakna sebagai orang jahat, perusuh atau preman. Sehingga 'gooners' dapat diartikan sebagai sekumpulan orang bodoh atau sekumpulan biang onar.

Secara harifah artinya menyakitkan memang, tapi siapa sangka jika supporter Arsenal malah menyukainya? Alih-alih dinilai negatif, sebutan 'gooners' justru dianggap keren, terlebih di era 70an di Inggris sedang gencar-gencarnya penggunaan istilah atau bahasa gaul oleh anak muda.

Lagi-lagi fans Spurs dibuat gondok karena istilah 'gooners' yang awalnya ditujukan sebagai bentuk ledekan, hinaan, cacian bahkan makian, malah semakin meningkatkan popularitas supporter Arsenal di Inggris dan dunia.

Catatan:
Perlu diketahui, 'gooners' adalah sebutan general untuk fans atau supporter Arsenal, sedangkan nama-nama seperti The HERD atau EIE, AST, BSM, AIS dan lain-lain merupakan nama firm, kelompok atau organisasi.

2 comments:

  1. bukannya the Gunner gan yang artinya penembak,, mampir gan online shop baju bola murah

    BalasHapus
    Balasan
    1. The Gunner adalah julukan klub gan , klo Gooners Julukan fans.
      Kayak Chelsea Julukan nya The Blues, sdgkn Julukan fans True Blue / Hooligan

      Hapus

::Berkomentarlah dengan sopan::

 
Click to Open
Top