0 comments

Apakah Arsenal Butuh David Villa?

02.37
Sangat kencang tersiar kabar bahwa Arsenal bakal mendatangkan David Villa. Meski hal tersebut tidak terealisasi pada transfer musim dingin banyak yang memberitakan bahwa kesepakatan sesungguhnya sudah tercapai dengan pemain yang bersangkutan sehingga kedatangan Villa ke Emirates Stadium hanya masalah waktu.

Direkrut dari Valencia oleh Barcelona, David Villa sukses menjadi salah satu striker terbaik di Eropa, tapi sayang cedera patah kaki memaksanya menepi untuk waktu yang cukup lama. Di Barcelona dengan cepatnya regenerasi pemain, perlahan Villa pun mulai terpinggirkan.

David Villa dikabarkan frustasi dengan hal tersebut mengingat sekalipun bukan lagi menjadi pilhan utama dia tetap tajam dan berfungsi dengan baik. Konon ketidak nyamanan striker timnas Spanyol dilengkapi oleh perselisihannya dengan megabintang Barca, Lionel Messi.

Beberapa sumber menyebutkan bahwa Villa akan didatangkan Arsenal pada transfer musim panas dengan banderol sekitar 15 juta pounds. Dibalik itu semua muncul sebuah pertanyaan "apakah Arsenal benar-benar butuh David Villa?".
Hanya pemuas nafsu sesaat bagi fans Arsenal?
David Villa memang striker kelas atas. Memiliki insting, pergerakan, kecepatan dan finishing yang bagus dan ingat, dia adalah striker utama di Timnas Spanyol, tapi catat beberapa faktor:
1. Usia
David Villa Sanchez, lahir pada 3 Desember 1981, artinya sang pemain sudah berumur 32 tahun pada tahun ini. Memang umur bukan patokan kemampuan seseorang tapi umur beserta dampak yang dibawanya adalah sesuatu yang tidak bisa dibohongi.
2. Gaji Besar
Di Barcelona David Villa menerima gaji 110.000 pounds/pekan. Jika terealisasi tanpa pemotongan gaji, jelas saja dia akan menjadi pemain dengan bayaran termahal di Arsenal. Dengan kebijakan ketat gaji pemain, bukankah hal ini "sangat tidak Arsenal"?
3. Harga Tinggi
Dari kabar yang beredar di media massa harga David Villa berkisar di antara 9 - 15 juta pounds dengan kontrak yang tersisa 1 musim. Sangat sulit rasanya melihat Arsenal mau menggelontorkan dana sebesar itu untuk pemain berkarir senja.
4. Riwayat Cedera
Kesampingkan cedera patah kakinya dan hal itu pun tak akan membuat semua orang lega. Villa termasuk pemain yang cukup rentan cedera. Bermain di La Liga yang "lebih lembut" saja sudah rawan baginya terhadap cedera apalagi Premier League?
5. Tidak Ada Tempat
David Villa juga dikenal sebagai pemain multi fungsi tapi komposisi lini serang Arsenal sekarang sudah lebih dari cukup. Giroud mulai mendapatkan sentuhan sementara Walcott bisa ditransformasikan ke penyerang tengah. Dikedua sisi pun sudah ada Gervinho dan Podolski serta AOC yang bisa mem-backup keduanya.

Dari perhitungan di atas dapat dianalisis bahwa Arsenal sejatinya tidak benar-benar membutuhkan David Villa. Dengan fisik yang rentan dan mulai menua, besarnya gaji serta gemuknya skuad saat ini jelas pembelian David Villa dari Barca hanya sekedar "pemuasan nafsu sesaat" dari manajemen pada fans. Pengecualian jika kepindahan sang pemain diiringi dengan pemotongan gaji, durasi dan biaya transfer.

Apakah ini murni rumor belaka? Waktu yang akan menjawab!

COYG | VCC

0 comments:

Posting Komentar

::Berkomentarlah dengan sopan::

 
Click to Open
Top