0 comments

Pemain Legenda Arsenal Paling Setia

02.29
Baru musim ini Arsenal bisa bernafas lega karena tidak ada pemainnya dicomot oleh klub lain seperti musim-musim sebelumnya. Bahkan, seorang Mesut Ozil pun telah didatangkan ke Emirates Stadium. Akan tetapi, jika anda seorang Gooner, tentu akan sedikit kesulitan menjawab pertanyaan siapa sajakah pemain yang bisa dikatakan paling loyal pada Arsenal FC?

Berikut daftar pemain legenda Arsenal paling setia alias paling loyal

1. Tony Adams 
(1983 - 2002)
Goonersia
Adalah dosa besar jika tidak menaruh namanya di urutan teratas dalam daftar pemain paling loyal sepanjang sejarah Arsenal. Saking setia dan identiknya ia dengan Arsenal, Adams sampai-sampai dijuluki Mr. Arsenal. Adams mencatatkan 669 penampilan dan 48 goal serta 10 gelar mayor selama membela Arsenal. Hebatnya, Adams sudah menjadi kapten tim sejak ia berusia 21 tahun.

2. Pat Rice 
(1964 - 1980)
Goonersia
Pat Rice adalah legenda paling loyal Arsenal di era modern. Semasa aktif bermain, Mr. Pat berposisi sebagai bek kanan. Meski bukan one man team; 528 penampilan 13 goal. Ia sempat membela Watford selama 4 musim. Setelah pensiun ia kembali sebagai pelatih tim muda dan selanjutnya menjadi asissten paling setia Arsene Wenger (17 tahun). 5 gelar dipersembahkannya sebagai pemain.

3. Jack Kelsey 
(1949-1963)
Goonersia
Mungkin tak banyak yang kenal kiper legenda yang satu ini, yang pasti catatan karirnya sama seperti Adams: hanya membela satu klub, Arsenal. Sayang, karir Kelsey berakhir cepat. Saat membela timnas Wales, ia mendapatkan 2 cedera tulang belakang yang amat parah. Setelah pensiun, kiper yang dijuluki "Kucing Bercakar Magnet" ini membuka toko Arsenal di dekat stadion Highbury.

4. Lee Dixon 
(1988-2002)
Goonersia
Bersama rekan setimnya Tony Adams, Steve Bould dan Nigel Winterburn, ia menjadi bagian dari pertahanan "Famous Four" Inggris yang termahsyur. Dixon memang tidak hanya membela Arsenal sepanjang karir, tapi setelah menjadi pemain Arsenal ia tidak lagi membela klub manapun hingga pensiun. Total Dixon mencatatkan 619 penampilan dan 28 goal bagi Arsenal.

5. John Lukic 
(1983 - 1990) & (1996 - 2001)
Goonersia
Lukic sedikit unik, membela Arsenal di 2 periode. Pergi setelah posisinya dikudeta oleh David Seaman yang merupakan juniornya di akademi Leeds. Sebelumnya, Lukic adalah kiper kesayangan fans. Sayang, Graham lebih percaya pada Seaman dan memaksa Lukic pulang ke Leeds. Pada 1996 ia kembali, sampai akhirnya pensiun pada 2001. Total ia telah membukukan 298 penampilan bagi Arsenal.

6. Dennis Bergkamp 
(1995 - 2006)
Goonersia
Hingga kini, Bergkamp adalah pemain terakhir yang gantung sepatu dengan seragam Arsenal. Bergkamp memang tidak hanya membela Arsenal sepanjang karir, tapi setelah berseragam Arsenal ia pun tidak pernah membela klub lain lagi. Sebelas tahun bersama Arsenal, pemilik phobia terbang ini telah mencatatkan 423 penampilan dan 120 gol, serta raihan 11 gelar mayor lainnya.

7. David O`Leary
(1975 - 1993)
Goonersia
Jika banyaknya pertandingan yang menjadi patokan, maka nama O`Leary diurutan teratas. Ya, O`leary adalah penampil terbanyak Arsenal sepanjang sejarah. Binaan asli Arsenal ini telah membukukan 722 penampilan dan 11 gol serta berbagai gelar bergengsi lain. Satu-satunya yang "mencoreng" rekor tersebut adalah ketika ia lebih memilih untuk menutup karir bersama Leeds United.
 
Click to Open
Top